Pengertian Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Sejarah Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
Beberapa contoh jejaring sosial yg ada saat ini:
Face book
Sejarah Facebook adalah jaringan sosial populer yang telah berkembang peringkatnya setelah situs MySpace. Tapi apa yang terjadi tentang Facebook yang memiliki daya tarik khusus dan membuatnya bahkan lebih populer daripada MySpace? Apa yang membuat Facebook menjadi mega hit dan banyak orang yang tertarik?
Sejarah Facebook bermula pada tahun 2003, sebagai Facemash. Mark Zuckerberg menciptakan itu, bersama dengan bantuan dari teman-temannya dan Chris Hughes dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Zuckerberg berada di tahun keduanya di Harvard ketika membuatnya, sebagai cara untuk mendapatkan & melepaskan pikirannya yg crush.
Situs facebook ini awalnya hanya untuk Harvard, tetapi dengan cepat tumbuh ke perguruan tinggi lain, maka sekolah-sekolah tinggi dan akhirnya bagi siapa pun di atas usia 13. Setelah itu pada awalnya dimulai, itu diteruskan ke admin sekolah Harvard dan facebook itu cepat ditutup. Kemudian, Harvard menjatuhkan dakwaan terhadap Zuckerberg. Setelah tuduhan itu dijatuhkan, semester berikutnya ia diciptakan kembali Facemash, dan membuka The Facebook pada bulan Februari 2004.
Pada tahun 2005, ia menjatuhkan "para" dari nama dan URL. Juga pada bulan September 2005, ia meluncurkan versi Sekolah Tinggi Facebook. Ketika ia pertama kali mulai sekolah tinggi versi, masing-masing sekolah tinggi harus diundang sebelum diperbolehkan untuk bergabung dengan jaringan. Tak lama setelah meluncurkan versi SMA dia mulai mengizinkan perusahaan untuk memiliki jaringan mereka sendiri di Facebook juga. Itulah sekelumit Sejarah Facebook yang sekarang telah terkenal dan menjadi sebuah jaringan sosial internet terbesar.
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School diluncurankan pertama kali pada 4 februari dan awalnya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat email universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Facebook menemui masalah dalam beberapa tahun terakhir seperti pemblokiran pada negara Suriah, Iran dan beberapa tempat kerja agar para pekerja tidak menyalahgunakan waktu kerjanya untuk membuka Facebook. Dan masalah tentang tuduhan bahwa Zuckerber mencuri kode program dari teman-temanya untuk membuat Facebook.
Facebook juga pernah ditawar oleh yahoo senilai $ 1 miliar dan kemudian oleh seorang anggota dewan Facebook, menunjukkan bahwa Facebook internal valuation adalah sekitar $ 8 miliar berdasarkan proyeksi pendapatan sebesar $ 1 miliar pada tahun 2015.
Peringkat Facebook saat saya tulis artikel ini menempati urutan ke 6 situs yang paling banyak di akses di indonesia dan urutan ke 5 untuk seluruh dunia.
Berikut data mengenai facebook:
Founded : Cambridge, Massachusetts(February 4, 2004)
Headquarters : Palo Alto, CaliforniaDublin, Ireland (international headquarters for Europe, Africa, Middle East)
Key people : Mark Zuckerberg (Founder and CEO), Dustin Moskovitz (Co-founder), Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product Management), ChrisHughes (Co-founder)
Revenue : 300 million USD (2008 est.)
Net income : 47.4 million USD (2007 est.)
Employees : 700 (November 2008)
Website : facebook.com
Type of site : Social network service
Advertising : Banner ads, Referral marketing
Registration : Required
Available in : Bulgarian, Catalan, Chinese (simplified), Chinese (Hong Kong), Chinese (Taiwan), Croatian, Czech, Danish, Dutch, English (American),English (British), English (Pirate), Filipino, Finnish, French, German, Greek, Hungarian, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Korean, Malay, Norwegian, (bokmål), Polish, Portuguese (Brazilian), Portuguese (European), Romanian, Russian, Serbian, Slovene, Spanish (Castilian), Swedish, Thai, Turkish,Vietnamese, Welsh
Launched : February 2004
Twitter
Sejarah Twitter mulai dari didirikan Maret 2006 oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone. Pada tahun 2006 Williams dan Biz Stone mendirikan Obvious Corp bersama dengan Odeo mantan karyawan. Sejarah Twitter diciptakan sebagai perusahaan yang terpisah pada April 2007 oleh Obvious Corp Jack Dorsey adalah chief executive officer dari kegugupan sampai Oktober 2008 ketika Williams menjadi CEO dan Dorsey bergeser ke posisi ketua dewan direksi.
Sejak pembentukannya pada tahun 2006, Twitter telah menjadi sangat populer di seluruh dunia. Twitter adalah yang paling cepat berkembang mikroblogging gratis software yang memungkinkan anda untuk tetap berhubungan dengan orang melalui cepat, sering jawaban untuk satu pertanyaan: Apa yang kamu lakukan? Bahwa salah satu pertanyaan kecil telah meluncurkan revolusi media.
"Tweet" adalah istilah untuk maksimal 140 karakter pesan yang diposting di kegugupan. Untuk tweeting untuk menjadi efektif, hal itu harus dilakukan secara sistematis, dengan posting yang dibuat setiap hari. Untuk rata-rata pemilik bisnis atau eksekutif pemasaran, hal ini dapat sangat tidak praktis karena waktu yang diperlukan. Untungnya, teknologi menyediakan cara untuk menyelesaikan sesuatu lebih cepat.
Salah satu teknologi seperti ini adalah suatu alat yang disebut BigTweet. BigTweet adalah sebuah plugin untuk browser Web yang memungkinkan Anda mengirim suatu menciak ke twitter dengan hanya mengklik tombol BigTweet, terletak di browser Anda link menu. Penyorotan suatu bagian pada halaman Web dan mengklik tombol menciptakan menciak dari teks yang disorot, di samping judul halaman dan URL pendek. Jika Anda tidak menyorot kata-kata di halaman, maka teks menciak hanya akan berisi judul halaman dan URL pendek.
Bisnis orang sekarang mulai menyadari kekuatan twitter sebagai alat promosi secara online. Rasanya aneh dan canggung pada awalnya, dan perlu beberapa waktu untuk mendapatkan hasil baik. Jadi jangan memutar roda anda mencoba menebaknya. Gunakan tool seperti BigTweet dan tweeet Kemudian untuk mendapatkan lebih banyak dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.
Twitter adalah sebuah situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirmkan pembaruan (update) berupa tulisan teks dengan panjang masimal 140 karakter melalui komputer, SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin.
Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp dan diluncurkan pada bulan juli di tahun yang sama. Pendiri Twitter ada 3 orang, yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams.
Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk salaing berkomuikasi secara lebih sederhana antar pengguna.
Pembaruan atau update seseorang di Twitter akan dan dapat dilihat oleh jaringan orang itu, atau pengikutnya (follower). Menurut saya, Twitter ini sangat cocok untuk artis dan orang-orang terkenal.
Blog
beberapa pendapat orang lain yang juga bisa kita jadikan dasar pengertian blog.
• Blog adalah hirarki teks, gambar, objek media dan data, disusun secara berkala(dalam urutan waktu) dan dapat dilihat di browser HTML.
• Blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan update blog dinamakan blogging, sedangkan orang yang mempunyai/membuat blog adalah blogger.
• Blog adalah jenis wisata yang terus menerus, dengan pemandunya adalah manusia yang Anda kenal.
• Blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan update blog dinamakan blogging, sedangkan orang yang mempunyai/membuat blog adalah blogger. Blog biasanya diperbarui setiap hari dengan menggunakan software bawaan dari penyedia blog yang sangat mudah dalam penggunaannya sehingga memungkinkan orang yang bukan berlatar belakang teknis website bisa melakukannya dengan mudah. Halaman di dalam blog hampir seluruhnya bersifat kronologikal, artinya disusun berdasarkan waktu kejadian atau waktu posting.
• Blog adalah sebuah situs web dimana postingan itemnya dilakukan secara teratur dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur. Istilah blog sebenarnya adalah versi pendek/bentuk singkat dari weblog atau web log. Penulis/pemilik blog yang merawat dan menambahkan artikel baru ke dalam blog miliknya disebut blogging. Pengiriman artikel satu-persatu disebut posting blog(blog post), post, atau entries. Orang yang mengirimkan artikel atau orang yang memiliki blog disebut blogger. Sebuah blog terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan beberapa link(ke halaman web lain, video, audio, dan file-file lain). Blog menggunakan gaya bahasa penyampaian dokumentasi. Seringkali blog lebih fokus ke salah satu topik, misalnya Tips Trik, Tutorial, Ponsel, dan lain sebagainya. Beberapa blog juga menceritakan pengalaman-pengalaman pribadi mereka.
Setelah membaca beberapa pengertian singkat tentang blog diatas, pasti akan muncul pertanyaan: "Kalau begitu apa itu blog?"
Saya berharap tidak membuat bingung pembaca sekalian dengan sedikit pengertian diatas :p, karena sebenarnya pengertian blog itu sangat sederhana. Sebagai gambaran selanjutnya adalah sebagai berikut:
Sebuah blog adalah jenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologikal(urutan waktu kejadian) dari yang terbaru(postingan terbaru) di bagian atas halaman utama(homepage) menuju ke postingan paling lama kebawah. Sebagai contoh perhatikan blog saya, urutan dari atas adalah postingan terbaru diikuti postingan lama sampai postingan pertama saya.
Blog seringkali ditulis oleh seseorang dan diupdate secara berkala. Blog seringkali dtulis dengan satu topik khusus, seperti fotografi, spiritualitas, resep, diary pribadi, hobi, dan masih banyak lagi meskipun juga banyak yang mencampur adukkan topik pembahasannya seperti blog saya ini :)
Blog seringkali mempunyai beberapa fitur untuk memudahkan kita sebagai pembaca dalam berkunjung atau mencari informasi tentang isi blog tersebut. Nah sekarang simaklah beberapa fitur yang saya maksud:
ARSIP
Arsip adalah sebuah daftar link yang menampilkan postingan-postingan kita, sehingga dengan adanya arsip ini pengujung akan dapat mengetahui artikel-artikel apa saja yang sudah ditulis oleh sang pemilik blog tersebut. Ketika saya menulis artikel pengertian blog seperti ini, artikel akan ditampilkan dihalaman depan pada bagian atas dan selanjutnya turun kebawah ketika saya menulis artikel baru lagi. Dan jika saya terus menulis artikel maka artikel yang lama akan hilang dari halaman depan sesuai batas berapa artikel yang saya tampilkan di halaman depan. Nah disinilah arsip memperlihatkan "kanuragannya"(baca: fungsinya).
Artikel yang sudah tidak ditampilkan di halaman depan akan masuk ke arsip sehingga pengujung tetap bisa mengakses artikel-artikel saya yang lama dengan navigasi yang mudah digunakan.
KOMENTAR
Meskipun tidak semua blog memiliki komentar, namun kebanyakan blog menggunakannya. Inilah yang menjadi salah satu ciri khas blog, dimana blog adalah komunikasi dua arah antara penulis dan pembaca. Sebagai contoh, Anda sebagai pembaca dapat dengan mudah menulis komentar tentang blog saya pada tiap-tiap artikelnya.
Kotak/form komentar kebanyakan terdapat dibawah artikel/postingan, tetapi jika pembaca sekalian pengguna blogspot yang original artinya belum di "permak" maka kotak komentar akan berada di halaman lain, jika pembaca menginginkan agar kotak komentar berada di bawah postingan klik disini. Sehingga jika Anda mempunyai pertanyaan, pendapat, atau apapun yang ingin disampaikan silahkan tulis dibagian komentar blog saya.
Dengan menulis komentar Anda dapat memberitahukan keberadaan Anda ketika membaca artikel pada suatu blog, kenapa? Karena ketika menulis komentar Anda akan menulis nama Anda, email, website/blog Anda, dan komentar itu sendiri sehingga pemilik blog kemungkinan besar juga akan mengujungi blog Anda sesuai dengan signature yang terdapat pada komentar.
Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnn bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.
Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justins Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Banyak sekali layanan penyedia weblog garisan, seperti wordpress.com, blogger.com dimana hampir setiap jam member mereka tambah banyak.
Di Indonesia sendiri, sejarah blog katanya berawal pada tahun 2000, dengan cikal bakalnya sebuah website yang bernama Indigos.Net Website pribadi yang berisi segala sesuatu tentang seseornag yang bernama Tyaz dari mulai biodata, profil teman, portofolio, hingga kumpulan puisi, tetapi Indigos.Net ini dikenal webblog pada tahun 2001 dengan membernya yang lumayan banyak pada saat itu dan contentnya yang inovatif dan kreative.
Kesiumpulan :
Jejaring sosial menurut beberapa orang sangat penting karena mereka bisa terus berhubungan dengan teman atau pun saudara mereka yg mungkin bertempat tinggal jauh dari mereka. Dengan jejaring sosial kita bisa berbagi infor masi dengan seseorang dan memberi tau apa yang sedang terjadi. Dan di jejaring sosial kita juga bisa melakukan jual beli barang atau bisnis. Tapi jejaring sosial juga bisa berdampak negatif beberapa contoh ada seorang remaja putri yang di culik oleh teman yang di kenalnya dari sebuah jejaring sosial. Jadi jejaring sosial juga bisa bersifat negatif atau positif tergantung kita yang menggunakannya.
sumber :
ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI JEJARING SOSIAL PENJUALAN BERBASIS WEB, (Muhammad Ridwan Nawawi, Muhammad Irfani Sahnur, Dino Dwiyaksa) 2008
http://www.tips-fb.com/2009/01/tentang-facebook.html
http://de-kill.blogspot.com/2009/12/sejarah-facebook.html
http://www.belajar-sendiri.com/2009/09/sedikit-pengetahuan-tentang-twitter.html
http://de-kill.blogspot.com/2010/01/sejarah-twitter-mikroblogging.html
http://supono.wordpress.com/2007/08/27/sejarah-blog/
http://asyanas.blogspot.com/2009/01/pengertian-blog-apa-itu-blog.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar